Selasa, 25 Oktober 2011

BB INDO VS BB KOREA

Mendengar nama Super Junior, 2PM, Shinee, Bigbang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Lagipula ABG mana yang tidak mengenal mereka? Tak bisa disangkal, masuknya hallyu wave ke Indonesia membuat banyak anak muda mulai belajar bahasa asing dari negeri gingseng ini. Bahkan hal ini juga mempengaruhi perkembangan industri musik di Indonesia dengan munculnya berbagai boyband dan girlband di Indonesia. Banyak yang bangga dengan bertaburannya boyband dan girlband di tanah air kita yang tercinta ini. Namun, banyak pula yang kontra dengan kehadiran BB & GB Indonesia dan berbagai alasanpun dilontarkan oleh mereka.
Melihat dengan menjamurnya BB & GB di Indonesia, negara kita yang selama ini memproduksi berbagai band seperti Sheila on 7, Ungu, dan lainnya-pun tergeser dengan kehadiran aliran musik ini. Mereka (baca: para remaja) umumnya memiliki alasan mengapa mereka lebih menyukai boyband atau girlband, misalnya karena wajah mereka yang tampan, performa dance yang energik, fashion mereka yang up to date, dan bla bla bla... (banyak alasan dari A - Z). Namun, ada juga yang menolak kehadiran BB & GB di Indonesia karena penampilan mereka yang seakan-akan kecewe-cewean (bahasa gaulnya: maho), nggak macho, deelel (berbagai coment pedas). Namun perlu diingat, semua hal pasti ada positif dan negatifnya. Tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan.  Sejauh ini, saya sendiri belum menemukan & menyadari kekurangan dari BB & GB Korea.
BB INDO : NSG Star, SM*SH, MAX 5, XO-IX, S9B, MR. BEE, HITZ, 3 IN 1, MIKKIE, masih banyak lainnya sampai-sampai saya bingung sendiri... (-_-)#
GB INDO : 7ICON, Cherry Belle, Minnie, 5 Bidadari, Maskara, dan lainnya yang taksebanyak bertunas seperti BB INDO.
BB KOREA : SUPER JUNIOR (paling keren menurut saya :D), BIG BANG (fashion yang TOP banget... ), 2PM, 2AM, BEAST (B2ST), SHINee, B1A4 (Personilnya masih unyu-unyu banget), JYJ, DBSK, INFINITE, BOYFRIEND, MBLAQ, SS501 (vacum karena masing-masing personillnya memilih solo karir), T-MAX, TEEN TOP, dll.
GB KOREA : SNSD (GIRLS GENERATION), WONDER GIRL, KARA, 4MINUTES, MISS A, T-ARA, AFTER SCHOOL, 2NE1, dsb.
Ada hal menarik yang membedakan BB & GB asal negara yang terkenal akan Jeju Island-nya itu dengan negara berbendera merah putih kita tercinta. Sehingga, sekeras apapun upaya kita untuk meniru mereka tetap saja kita tidak mampu melampaui mereka, kecuali kita muncul dengan ciri khas kita sendiri yang tidak dimiliki oleh BB & GB Korea. Hal inilah yang membedakan BB Indonesia dengan BB Korea, antara lain:
1.     Budaya
BB Korea lebih mencintai budaya mereka, sehingga tak jarang mereka mau memakai hangbok (baju khas Korea) saat acara-acara tertentu. Selain itu, mereka lebih mencintai bahasa ibu mereka (bahasa Korea) dilihat dari lirik lagu mereka yang didominasi bahasa Korea. Kalau BB INDO sendiri hanya sedikit dari mereka yang membawa kebudayaan sendiri, terkecuali NSG Star yang masih memasukkan lirik berbahasa melayu ataupun lainnya, serta mau memakai baju daerah saat perform. BB selain NSG Star sepertinya belum ada.

2.    Perform vs Skill.

a.    Perform
Perform merupakan hal pertama yang wajib dinilai dari para member BB & GB dimanapun dan darimanapun. Syarat utama bagi seorang anggota boyband tentulah harus memiliki paras yang sempurna (tampan atau cantik), postur tubuh (tinggi, kulit putih, hidung mancung, rambut bergaya, kaki jenjang bagi GB, berat badan ideal, deelel), humoris, multitalent, fashionable. Baik di Indonesia maupun di Korea, kriteria ini sudah menjadi hal utama dalam menjadi member BB/ GB.
b.    Skill
Skill yang dimiliki oleh BB / GB Korea lebih terasah dibanding BB/GB Indo. Rata-rata personil BB Korea mampu menjadi seorang member BB dan juga menjadi aktor, presenter, model, penyiar radio, penulis lagu, pengaransemen lagu, dll. Mereka tidak hanya sekedar memiliki penampialan yang super duper keren, namun juga suara emas mereka dan gerakan enerjik dance yang mampu mereka jual. Misalnya, Kim Heechul Super Junior yang juga menjadi presenter di Strong Heart, penyiar radio di Youngstreet Radio Show, menulis lagu salah satunya Close Ur Mouth, membintangi berbagai film dan drama antara lain Attack on the pin up boys bersama member Super Junior lainnya, Sharp 2, Loveholics, Bad Family, Iris, dan juga menjadi bintang iklan dan model diberbagai produk (saya ambil yang paling multitalented menurut saya).

3.    KEMATANGAN & PERJUANGAN
Penampilan bahkan tidak menjadi prioritas utama, melainkan skill. Menurutnya, penampilan bisa dirubah sementara skill adalah modal awal untuk terjun ke dunia entertainment. Mereka bagi para calon bintang boyband besar harus menerima masa training selama 2-7 tahun baru kemudian mereka bisa diorbitkan. Banyak dari mereka yang ditraining sejak usia 10 tahun atau usia SMA. Perjuangan mereka untuk menjadi sang nomor satupun berlangsung selama bertahun-tahun, melalui berbagi proses penilaian yang ketat dari pihak agency. Sedangkan di Indonesia sendiri, untuk menjadi seorang artispun sudah barang tentu memiliki penampilan dan paras yang menonjol sudah dapat untuk menjadi seorang public figure. Misalnya untuk Super Junior sendiri harus ditraining selama sekitar 6 tahun baru kemudian bisa diorbitkan oleh pihak managemen, Gdragon Big Bang yang harus ditraining sejak usia 10 tahun, dan masih banyak yang lainnya.
Di Indonesia sendiri, hanya ajang-ajang pencarian bakat saja yang melakukan karantina dalam kurun waktu beberapa bulan saja. Selebihnya, kalau menurut saya peribadi untuk menjadi seorang artis ataupun public figure lainnya di Indonesia hanya membutuhkan 10 jam atau beberapa hari saja (untuk mengikuti audisi), terlebih lagi bagi mereka yang memiliki keluarga public figure maupun link yang dapat mengantarkan mereka menjadi salah satu penghias layar kaca di Indonesia. #no bashing.

4.    AKADEMIK / INTELEKTUAL
Syarat selanjutnya yang pasti tidak ada di Indonesia adalah mereka harus memiliki nilai raport yang tinggi. setidaknya 10 besar. Tidak heran jika ada beberapa anggota boyband yang pernah meraih medali olimpiade. Salah satunya adalah Kyuhyun yang pernah memenangkan olimpiade matematika dan meraih medali emas. Setelah lolos audisi sekalipun mereka yang lolos akan melewati masa training untuk bisa diorbitkan. Pada masa ini, peserta harus diasramakan dan hanya terus latihan dan sekolah. Sepulang sekolah, mereka langsung latihan sampai malam. Bagi mereka yang melanggar (baca : bolos) makan akan langsung dikeluarkan dari agency. See… tidak ada waktu untuk bermain-main sama sekali. Biasanya umur trainee dari 10 tahun hingga anak SMA. Masa training mereka masuk dalam kelas vocal, dance, dan akting sehingga sering banyak anggota boyband atau girlband sukses yang akhirnya di tawari bermain drama.

5.    TOTALITAS & CINTA KEPADA FANS
Totalitas mereka dalam bidang entertainment sudah tidak diragukan lagi, mereka sanggup melakukan konser dan berbagai show dan pantang bagi mereka untuk membatalkan show mereka. Mereka sanggup memisahkan masalah  keluarga dengan kerjaan mereka. Terlebih kepada fans mereka yang lebih banyak lawan jenis, mereka sangat menganggap fans sangat berarti bagi mereka. Bahkan, mereka rela tidak memiliki kekasih misalnya, demi membuat fans lawan jenis tidak mengalihkan pandangannya terhadap mereka.
Dari beberapa point diatas, menurut pandangan saya beberapa BB & GB Indonesia yang mumpuni dalam bidang entertaintment, antara lain :
1.     XO-IX
Boyband Indonesia yang baru muncul selama beberapa bulan terakhir ini terdiri dari 9 orang member dengan performa yang bagus, suara emas sehingga mampu perform tanpa melakukan lypsing, dance yang energik dengan koreografi yang apik, dan mereka benar-benar merupakan pilihan yang sangat tepat pada saat audisi dengan kemampuan yang mereka miliki.
2.    NSG Star
Boyband yang terdiri atas lima orang yang salah satu personilnya yang berkulit coklat khas Indonesia. Dilirik lagu mereka, banyak diawali dengan lagu-lagu daerah, misalnya melayu, musik instrumental jawa, tarian ala jawa, serta kostum dengan memadukan desain pakaian ala korean dengan etnik jawa. Kualitas suara mereka juga tidak diragukan lagi, mereka kerap tampil dengan menyanyi secara langsung tanpa lypsinG.
3.    HITZ
Nah,, buat BB yang satu ini bener-bener menarik buat saya karena tidak hanya menjiplak BB asal Korea namun benar-benar merupakan perpaduan antara Korea dengan Indonesia. BB yang terdiri atas tiga personil antara lain Irwan Alexander, Ferdinan K, dan Lee JH yang salah satunya merupakan manusia asli impor dari Korea Selata langsung (Jiah... bahasa gw... ). Dilagu ini pula terdapat perpaduan tiga bahasa yaitu Indonesia-Korea dan Inggris yang diramu dengan dance yang kreatif dan apik meskipun kurang sedikit pas dengan musiknya yang cukup ngebeat.

4.    7ICON dan Maskara.  
Dua GB asal Indonesia yang benar-benar memliki performa dance yang cukup kreatif dibanding GB lainnya, penampilan yang ok, dan T.O.P, Meskipun dalam kualitas suara yang masih perlu diasah lagi.

Sedangkan untuk BB & GB asal negara yang terkenal atas kimchinya itu, antara lain:
  1. Super Junior
Super Junior merupakan salah satu K-pop boyband yang beranggotakan 13 personil. Pada saat debut single pertama mereka di tanggal 5 Nov 2005, mereka hanya beranggotakan 12 orang. Ke-12 personil itu yaitu (diurutkan dari tertua hingga termuda): LeeTeuk (the leader), Heechul, Hankyung, YehSung, KangIn, SinDong, SungMin, EunHyuk, DongHae, Chi Si Won, RyeoWook, dan Kibum. Kesebelas personil tersebut adalah orang Korea asli, dan satu personilnya, Hangkyung berasal dari Cina yang direkrut melalui audisi yang diadakan di Cina oleh SM Entertainment pada tahun 2001. Kebanyakan dari personil tersebut sudah punya nama dalam dunia entertainment melalui akting, VJ-ing, dan modelling, sebelum debut SuperJunior. Pada tanggal 23 Mei 2006, SM Entertainment mengumumkan adanya personil baru SuperJunior, Cho KyuHyun, dan menjadikan mereka ber-13 seperti sekarang.
Boyband yang melejit lewat lagu Sorry-Sorry dan Bonamana ini sukses merambah dunia Internasional. Beberapa bulan yang lalu, Boyband yang digawangi oleh Leeteuk ini meluncurkan album kelima (terkenal dengan sebutan 5jib) berjudul MR. SIMPLE ini benar-benar memberikan surprise bagi para ELF (sebutan fans Super Junior), pasalnya di album ini sempat beredar kabar menjadi album terakhir mereka karena beberapa personil mereka diwajibkan mengikuti wajib militer. Di album ini, terdapat beberapa lagu misalnya Superman, A-CHA, Opera, Walkin', dan lainnya. 
2. Big Bang

Boyband yang terdiri atas lima member, antara lain G Dragon, T.O.P, SeungRi, Daesung, dan Taeyang. Boyband yang berada dibawah agency YG entertaintment ini memiliki banyak penghargaan dan karir mereka sudah merambah dunia internasional.

3.    2PM
Terdiri dari Junsu, Nickhun, Taecyeon, Wooyoung, Junho, dan Chansung. Boyband ini memiliki ciri khas sendiri yaitu lagunya yang nge-beat dan selalu menonjolkan aksi dance yang energik dan atraktif.

4.    BEAST (B2ST)
BB yang digawangi Gi Kwang, Yoseob, Jung Hyun, Dojoon, Dongwon dan Hyun Seung ini memiliki usia yang cukup muda. Dengan maknae Gi Kwang yang terkenal dengan lagunya Shock, Beautifull, Bad Girl, mistery dan yang terakhir ngehits yaitu Fiction.

5.    4 Minutes dan 2NE1
Beberapa hal diatas merupakan opini pribadi saya, terhadap apa yang saya ketahui dari berbagai sumber. Namun, saya yakin disetiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan, hanya saja kita harus pandai-pandai menutupi kekurangan kita dengan kelebihan dan potensi yang kita miliki. Artikel diatas murni tanpa pemihakan dan saya sudah berusaha senetral mungkin, apabila terdapat ketidaksesuaian dengan pendapat anda, so NO BASHING..!! Setiap orang berhak dan bebas mengeluarkan pendapat mereka, apalagi di akun pribadi saya. Thanks for reading... gamsahamnida...
:D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar